Bentuk Kepedulian Sosial, Kelurahan Pabuwaran Gelar Aksi Donor Darah

Bentuk Kepedulian Sosial, Kelurahan Pabuwaran Gelar Aksi Donor Darah

Pabuwaran - Pemerintah Kelurahan Pabuwaran bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Banyumas menggelar aksi donor darah di Aula Kelurahan Pabuwaran, Senin (5-9-2022) pukul 19.30 s.d 21.15 WIB.

Setelah hampir setahun vakum akibat adanya pandemi Covid-19, Kelurahan Pabuwaran kembali mengadakan kegiatan donor darah sebagai wujud nyata kepedulian dan aksi sosial.

Aksi donor darah bertujuan untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Banyumas. Selain itu aksi donor darah juga untuk membantu warga masyarakat yang akan mendonorkan darahnya.

Lurah Pabuwaran, Sugiyono SH, yang juga ikut mendonorkan darahnya berharap agar warga bisa ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya untuk membantu sesama.

"Dengan mendonorkan darahnya masyarakat akan menjadi sehat dan bisa membantu masyarakat lain yang membutuhkan darah" jelas Lurah Sugiyono saat di temui lokasi donor darah.

Lurah Sugiyono juga menyatakan kegiatan aksi donor darah berjalan dengan baik dan lancar terbukti warga dan para ketua RT RW antusias ikut mendonorkan darahnya.

"Kita berharap kegiatan donor darah bisa rutin di laksanakan di Kelurahan Pabuwaran dan bisa lebih baik lagi pelaksanaannya, dan kesadaran masyarakat untuk ikut donor darah terus meningkat " harap Lurah Sugiyono.

Salah seorang pendonor yang ditemui setelah mendonorkan darahnya, Nurul Hasanah (29) warga RT 02 RW 05 mengatakan ia sudah biasa ikut donor darah.

"Mas, aku sudah rutin ikut kegiatan donor darah, aku berharap ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah" ujar Nurul.

Nurul Hasanah juga menyampaikan bahwa untuk ikut donor darah itu sangat mudah, cukup bawa KTP dan kartu donor darah saja. Sebelum diambil darahnya pendonor akan dicek kesehatannya dahulu seperti ditensi, dicek Hb darahnya.

Kegiatan aksi donor darah di Kelurahan Pabuwaran dihadiri oleh dr Tangguh, Wakil Ketua PMI Kabupaten Banyumas, 3 orang pengurus PMI Kecamatan Purwokerto Utara, 7 tenaga medis dari PMI Kabupaten Banyumas.

Salah seorang pengurus PMI Kecamatan Purwokerto Utara, Joko Utomo, yang ditemui di lokasi setelah selesai kegiatan mengatakan kegiatan donor darah di Kelurahan Pabuwaran berjalan lancar dan melebihi target yang diharapkan minimal 20 orang pendonor.

"Kegiatan donor darah melebihi target, jumlah pendaftar 29 orang dan yang gagal karena alasan medis 6 orang, jadi yang ikut donor darah 23 orang" jelas Joko Utomo.

Joko Utomo berharap agar kegiatan donor darah di Kelurahan Pabuwaran bisa rutin dilaksanakan setidaknya bisa 2 bulan sekali dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan sosial membantu sesama.

"Dengan ikut donor darah kita seperti punya tabungan di PMI, jika suatu saat pendonor atau keluarga pendonor memerlukan darah bisa lebih mudah untuk mendapatkannya" tambah Joko Utomo.

Kegiatan donor darah merupakan bentuk kepedulian sosial yang sangat bermanfaat untuk orang lain. Setetes darah dari kita sangat bermanfaat untuk orang yang membutuhkan dan in syaa Allah bernilai ibadah. (Maskar.5-9-2022).

 

Related Posts

Komentar