PENILAIAN LOMBA K5 TINGKAT KECAMATAN PURWOKERTO UTARA TAHUN 2024 DI KELURAHAN PABUWARAN

PENILAIAN LOMBA K5 TINGKAT KECAMATAN PURWOKERTO UTARA TAHUN 2024 DI KELURAHAN PABUWARAN

Pabuwaran - Kegiatan penilaian lomba K5 dalam rangka HUT RI ke 79 tahun 2024 tingkat Kecamatan Purwokerto Utara di Kelurahan Pabuwaran berlangsung hari Kamis ini (15/8).

Penilaian lomba K5 (Kebersihan, Kesehatan, Keindahan, Ketertiban dan Keamanan) tingkat Kecamatan Purwokerto Utara berlangsung di 7 (tujuh) Kelurahan yaitu Kelurahan Pabuwaran, Grendeng, Karangwangkal, Sumampir, Bobosan dan Purwanegara. Kegiatan serentak dilaksanakan Kamis, 15 Agustus 2024

Untuk kelurahan Pabuwaran penilaian lomba berlangsung di 4 (empat) lokasi yaitu lingkungan Kelurahan Pabuwaran dan di lingkungan RW 01, 02 dan RW 05 (mewakili Pabuwaran). Penilaian lomba terdiri dari penilaian siang hari (pk. 12.30 s/d pk. 13.30 WIB) dan penilaian malam hari atau gebyar malam (pk. 21.00 s/d 22.00 WIB).



Tim juri atau penilai terdiri beberapa instansi atau kantor, yaitu dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Banyumas (Bapak Stephanus Sigit), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Banyumas (Ibu Syafira), PKK Kab. Banyumas (Bapak Edy Prayitno), Koramil Kec. Purwokerto (Bapak Saryono), Polsek Kec. Purwokerto Utara (Ibu Nunik), dan dari tokoh masyarakat Kecamatan Purwokerto Utara.

Kedatangan tim penilai di Kelurahan Pabuwaran  diterima langsung oleh Lurah Pabuwaran (Sugiyono, SH), didampingi Sekretaris Kelurahan (Theisaffa Amal Utama, A.Md.), Kasi Pemberdayaan Masyarakat (Ani Insiroh, S.Sos), Kasi Pemerintahan dan Pelayanan (Diana Purwanti, S.Sos) dan perangkat kelurahan lainnya.



Penilaian lomba K5 dilanjutkan ke wilayah-wilayah. Dimulai dari RT 03 RW 01. Diterima oleh Ketua RT 03 RW 01 (Wahyu Didik Setiawan). Tim penilai disambut hangat oleh Ketua RT beserta pengurus RT lainnya. Tim penilai menanyakan banyak hal terutama masalah Pos Satkamling, terkait aktifitas ronda warga.


Selanjutnya tim penilai Lomba K5 menuju RT 02 RW 02. Diterima oleh Ketua RT 02 RW 02, Birin dan Pujiono (RT 01 RW 02). Tim penilai masih menanyakan hal yang sama terkait masalah keamanan, yaitu kegiatan ronda warga. Tim penilai mengunjungi Pos Satkamling (Satuan Keamanan Lingkungan) di kedua wilayah RT itu.

Tim penilai lomba K5 Kecamatan Purwokerto Utara selanjutnya bergerak menuju titik utama penilaian di wilayah RW 05. Sampai di lokasi (RT 01 RW 05) tim penilai disambut hangat oleh Ketua RW 05 (Suyatno), Ketua RT 01 RW 05 (Arif Setiadi), Ketua PKK RW dan RT, dan tokoh masyarakat.

Selanjutnya tim penilai menanyakan kegiatan-kegiatan yang menunjang K5 (Kebersihan, Kesehatan, Keindahan, Ketertiban dan Keamanan) terutama di wilayah RW 05. Ketua RT, Arif Setiadi, dan Ketua RW (Suyatno) menjawab dengan detail dan jelas terutama tentang aktifitas ronda warga.


Menurut Arif Setiadi, kegiatan ronda di wilayahnya sudah berjalan dengan baik selama bertahun-tahun. Warganya mendukung secara antusias kegiatan di wilayahnya apalagi kegiatan ronda untuk keamanan dan kenyamanan bersama. Arif Setiadi juga menjelaskan dalam kegiatan ronda juga dilakukan jimpitan berupa uang sebagai tabungan warga.

"Setiap malam warga melakukan kegiatan ronda sekaligus mengambil jimpitan (uang) sebagai tabungan warga, yang bisa diambil sewaktu-waktu warga memerlukan. Tapi umumnya jimpitan ronda diambil warga pada saat menjelang Iedul Fitri,   sehingga lebaran warga tidak terlalu pusing, "jelas Arif Setiadi, penuh semangat.

Tim penilai dijamu oleh ibu-ibu PKK RT dan RW dengan sejumlah makanan dan minuman dari hasil pertanian (kebun) setempat seperti pisang, gandul, kelapa muda, dan tidak ketinggalan Tahu Gecot yang merupakan makanan favorit masyarakat Banyumas. Selanjutnya Tim Penilai melanjutkan kunjungan ke RT 02, masih di wilayah RW 05. Rombongan tim juga diterima dengan hangat oleh pengurus RT dan tokoh masyarakat setempat.



Penilaian lomba dilanjutkan pada malam hari (pk. 21.30 s/d selesai) untuk menilai kondisi atau situasi wilayah tersebut pada malam hari atau gebyar malam. Ikut serta dalam rombongan penilaian malam Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Bpk Lukman Hakim, S.Hi. Kegiatan lomba K5 secara umum sangat penting untuk meningkatkan antusiasme dan semangat warga untuk peduli lingkungan.

Pengumuman hasil penilaian lomba K5 rencananya akan diumumkan tanggal 30 Agustus 2024 bersamaan dengan pucak acara, malam tasyakuran peringatan HUT RI ke 79 tingkat Kecamatan Purwokerto Utara. (maskar. 15-8-2024).

Related Posts

Komentar