KELURAHAN PABUWARAN KEMBALI GELAR AKSI DONOR DARAH

KELURAHAN PABUWARAN KEMBALI GELAR AKSI DONOR DARAH

Pabuwaran - Kelurahan Pabuwaran kembali menggelar aksi kemanusiaan donor darah pada hari Kamis (2-02-2023) pukul 19.00 - 21.30, bertempat di Aula Kelurahan Pabuwaran Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas.

Kegiatan aksi kemanusiaan donor darah sudah kesekian kalinya diselenggarakan oleh Kelurahan Pabuwaran bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Banyumas, yang pada kegiatan kali ini menerjunkan tuju orang petugasnya Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tiga bulan sekali.

Sebelum melakukan donor darah, calon peserta donor darah terlebih dahulu melakukan pendaftaran dengan mengisi form yang telah disediakan. Selanjutnya calon pendonor juga dilakukan pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah (tensi), pengukuran berat badan (ideal), dan cek Hb darah. Secara umum calon pendonor darah harus memenuhi syarat kesehatan untuk donor, termasuk tidak mempunyai riwayat penyakit, waktu tidur yang cukup, tidak dalam kedaan haid (datang bulan), serta tidak mengkonsunsi obat minimal sejak satu minggu sebelum donor.

Melakukan donor darah sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung, untuk membakar kalori, menurunkan resiko terkena kanker, dapat meningkatkan produksi darah, menurunkan kolesterol dan menjadikan pikiran lebih tenang. Secara umum donor darah dapat meningkatkan kesehatan.

Setelah lolos pemeriksaan kesehatan dan melakukan donor darah, pendonor akan mendapatkan bingkisan atau oleh-oleh berupa makanan dan minuman sehat.

Pada kegiatan donor darah kali ini, jumlah calon pendonor yang datang sebanyak 21 orang, 17 orang berhasil donor dan 4 orang gagal donor. Penyebab kegagalan disebabkan karena Hb dan tensi yang tidak memenuhi syarat untuk donor.

Jumlah pendonor kali ini lebih sedikit, dibanding donor darah sebelumnya. Menurut Bpk Fery, pengurus PMI Kecamatan Purwokerto Utara, penurunan jumlah peserta donor kali ini dipengaruhi oleh faktor cuaca, yakni kondisi hujan yang turun saat pelaksanaan kegiatan donor darah.

Pada kegiatan donor darah saat ini terlihat warga sangat antusias menyumbangkan setetes demi setetes darah mereka untuk menolong mereka yang sangat membutuhkan transfusi darah.

Kegiatan donor darah di Aula Kelurahan Pabuwaran berlangsung lancar, tertib, aman dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dan diharapkan kegiatan donor darah bisa terus dilaksanakan di masa mendatang, dan warga masyarakat diharapkan dapat semakin antusias mendonorkan darahnya
(maskar 02-02-23).

Related Posts

Komentar