MENYEMARAKKAN HARI JADI KABUPATEN BANYUMAS KE-452, SDN 02 PABUWARAN GELAR KEGIATAN KARYA DAN BUDAYA

MENYEMARAKKAN HARI JADI KABUPATEN BANYUMAS KE-452, SDN 02 PABUWARAN GELAR KEGIATAN KARYA DAN BUDAYA

Pabuwaran - Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke - 452, SDN 02 Pabuwaran Kecamatan Purwokerto Utara Menyelenggarakan  Kegiatan Gelar Karya dan Budaya. Kegiatan dilaksanakan pada Senin (20-2-2023) di SDN 02 Pabuwaran.

Kegiatan Gelar Karya dan Budaya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bertemakan Kearifan Lokal. Kegiatan berupa festival kesenian dan makanan tradisional (khas) Banyumas, diikuti para peserta didik dan orang tua siswa.

Hadir dalam pembukaan kegiatan, Lurah Pabuwaran (Sugiyono, SH) beserta perangkat lainnya, Babinsa (Sertu Muhtarom), Bhabinkamtibmas (Deny Yulianto, SH.), Korwilcam Purwokerto Utara (Edy Wahyudi, S.Pd.), dan Ka Kwaran Purwokerto Utara (Darinah, S.Pd.,M.Pd).

Kepala SDN 02 Pabuwaran, Musriamti, S.Pd., mengatakan kegiatan Gelar Karya dan Budaya merupakan salah satu bentuk aplikasi dari proses pembelajaran yang selama ini telah dilakukan.

"Ini juga merupakan media promosi agar SDN 02 Pabuwaran lebih dikenal lagi dan menjadi sekolah tujuan atau sekolah favourite terutama untuk wilayah Kelurahan Pabuwaran dan wilayah di sekitarnya. Kegiatan ini juga untuk mendukung SDN 02 Pabuwaran maju ke tingkat Nasional sebagai Sekolah Adiwiyata. Selama ini SDN 02 Pabuwaran telah meraih predikat sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah"  kata Musriamti.

 "Selain itu melalui kegiatan festival ini, siswa diajak untuk lebih mengenal beragam kesenian dan kuliner (makanan) khas Banyumas" terang Musriamti, yang di bulan Maret 2023 ini akan memasuki purna tugas.

Dengan mengenal beragam kesenian dan makanan tradisional Banyumas, kita berharap akan menumbuhkan kecintaan dan kepedulian pada diri anak-anak sebagai generasi penerus bangsa untuk dapat melestarikan kearifan lokal (budaya) berupa warisan kesenian dan makanan tradisional Banyumas yang merupakan warisan para leluhur. Semua itu bisa dilakukan dengan mengenalkannya kepada para siswa melalui kegiatan festival semacam ini.

Menurut salah satu guru SDN 02 Pabuwaran, Onifah, S.Pd., kegiatan festival diikuti oleh seluruh siswa dari kelas I sampai kelas VI. Kegiatan festival juga didukung oleh para orang tua siswa.

Kegiatan Gelar Karya dan Budaya, para siswa menampilkan beragam kesenian tradisional seperti tarian daerah, tari kreasi, seni begalan, seni beladiri, dolanan, senam, nyanyi dan lain-lain. Selain itu para siswa juga menyajikan aneka makanan tradisional yang didukung oleh para orang tua. Beragam makanan tradisional berbahan baku lokal disajikan penuh kreatifitas.

Kegiatan Gelar Karya dan Budaya SDN 02 Pabuwaran berjalan dengan baik, lancar dan sangat meriah. Para siswa dan orang tua juga para guru tampak senang dan semringah mengikuti kegiatan festival ini. (Maskar 20-2-2023).

Related Posts

Komentar