STAF AHLI BUPATI BANYUMAS BIDANG EKONOMI DAN PEMBANGUNAN MONITORING PELAKSANAAN PASAR SEMBAKO MURAH DI KELURAHAN PABUWARAN

STAF AHLI BUPATI BANYUMAS BIDANG EKONOMI DAN PEMBANGUNAN MONITORING PELAKSANAAN PASAR SEMBAKO MURAH DI KELURAHAN PABUWARAN

Pabuwaran - Dalam Rangka Pengendalian Laju Inflasi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banyumas Menggelar Pasar Sembako Murah. Untuk warga Kelurahan Pabuwaran. Pasar Sembako Murah dilaksanakan di Aula Kelurahan pada Jumat (4-11-2022) pukul 08:00 s/d selesai.

Lurah Pabuwaran, Sugiyono, SH saat ditemui di sela-sela kegiatan Pasar Sembako Murah mengatakan kegiatan ini selain untuk mengendalikan laju inflasi juga untuk membantu warga dalam memenuhi kebutuhan sembako.

" Pasar sembako murah ini dilaksanakan untuk membantu warga kurang mampu di wilayah kelurahan Pabuwaran dalam memenuhi kebutuhan sembako " jelas Sugiyono.

Lurah Sugiyono berharap agar warga Pabuwaran lebih bersyukur bisa mendapatkan paket sembako dengan harga murah.

Sementara itu Kasi ( Kepala Seksi) Permas (Pemberdayaan Masyarakat) Kelurahan Pabuwaran, Ani Insiroh, S.Sos., menjelaskan Pasar Sembako Murah untuk warga Pabuwaran akan dilaksanakan 2 (dua) tahap yaitu pada tanggal 4 November 2022 dan 16 Desember 2022.

" Untuk tanggal 4 November 2022, kita akan menyalurkan Paket Sembako Murah sejumlah 340 paket. Estimasi harga satu paket adalah seharga Rp 75.000,- dan warga cukup membayar Rp 20.000,-. Jadi Pemerintah memberikan subsidi sekitar Rp 55.000,- setiap paketnya " jelas Ani Insiroh.

Ani insiroh juga menjelaskan dalam satu paket sembako berisi 2 Kg beras premium, 1 Kg gula pasir dan 1 liter minyak sayur, 1/2 Kg tepung terigu. Untuk kelancaran kegiatan pasar sembako pihak kelurahan telah membagikan kupon sembako murah kepada warga kurang mampu melalui ketua RT masing-masing, dan diharapkan warga bisa membeli sembako murah dengan uang pas (Rp 20.000,-).

Sementara itu raut wajah warga terlihat senang bisa ikut membeli paket sembako murah. Salah seorang warga, Sasa warga RT 06 RW 06 Pabuwaran yang ditemui selesai membeli paket sembako murah mengatakan sangat senang bisa ikut membeli dan berharap ke depan bisa diadakan lagi.

" Alhamdulillah, saya senang bisa ikut membeli paket sembako murah, dan saya berharap kegiatan ini bisa sering diadakan " ungkap Sasa sambil tersenyum.

Turut hadir dalam kegiatan pasar sembako murah, Djoko Setyono, S.Sos. (Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Banyumas), Sugiyono, SH (Lurah Pabuwaran), Ani Insiroh, S.Sos.(Kasi Permas Pabuwaran) dan perangkat Kelurahan lainnya,
Erna budiarti, SE, Hantoni Setiawan, Avit Lia Anggraeni (Petugas Disperindag Kabupaten Banyumas), Sertu Muh Tarom(Babinsa Pabuwaran), dan Aipda Deny Yulianto, SH(Bhabinkamtibmas Pabuwaran). Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan serupa juga digelar oleh Disperindag Kabupaten Banyumas di berbagai wilayah lainnya di Kabupaten Banyumas.

Menurut Staf Ahli Bupati, Djoko Setyono, S.Sos., kegiatan Pasar Sembako Murah dilakukan untuk mengantisipasi adanya inflasi.

" Pasar sembako murah ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya inflasi sebagai dampak penyesuaian harga BBM yang telah ditetapkan oleh Pemerintah " Jelas Djoko Setyono.

Djoko setyono juga menyampaikan kegiatan pasar sembako murah akan dilakukan kembali di bulan Desember 2022.

Kegiatan pasar sembako murah merupakan salah satu wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Banyumas kepada warga terutama dalam hal memenuhi kebutuhan sembako, dan diharapkan kegiatan ini bisa meringankan beban warga dalam memenuhi kebutuhan bahan pangan. (Maskar, 4-11-2022).

Related Posts

Komentar