Pelaksanaan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) di SDN 01 Pabuwaran

Pelaksanaan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) di SDN 01 Pabuwaran

Pabuwaran {26-8-2022} - Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN 01 Pabuwaran dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Agustus 2022, pukul 08.00 s.d 10.30 WIB, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

Kepala SDN 01 Pabuwaran, Titik Ernawati, S.Pd., mengatakan sebelum pelaksanaan kegiatan imunisasi didahului dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan untuk murid-murid kelas I s.d kelas VI (170 siswa). Pemeriksaan meliputi pemeriksaan gigi, kuku, telinga dan mata. Pihak sekolah sebelumnya sudah menginformasikan kegiatan ini kepada wali murid.

" Kami sudah memberitahukan kepada wali murid agar pagi sebelum berangkat sekolah hari ini, anak-anak supaya mandi bersih, gosok gigi, memeriksa mata, telinga, kuku dan rambut, juga untuk sarapan pagi " kata Titik Ernawati saat ditemui di lokasi.

Titik Ernawati juga mengatakan dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan imunisasi ini diharapkan anak-anak didiknya kelak menjadi generasi yang sehat.

" Kami berharap anak-anak terbiasa dengan pola hidup hidup bersih dan sehat sesuai germas (red : Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), dan menjadi generasi yang sehat " harap Titik Ernawati.

Titik Ernawati juga menyebutkan untuk pelaksanaan BIAS hari ini diikuti oleh 28 siswa siswi kelas I ( putra-putri) dan 14 siswi kelas V (khusus siswa putri).

Menurut petugas kesehatan dari Puskesmas Purwokerto Utara 02, dr Maria Valentin, pelaksanaan BIAS di SDN 01 Pabuwaran hari ini, ditujukan untuk siswa siswi kelas I yakni dengan pemberian Vaksin MR (vaksin Measles Rubella), sementara untuk siswi kelas V (khusus siswa putri) diberikan vaksin HPV (vaksin Human Papilloma Virus).

" Vaksin MR untuk mencegah terkena penyakit Campak dan Rubella, kalau vaksin HPV untuk mencegah terkena infeksi HPV, diantaranya untuk mencegah terkena kanker serviks " Jelas Maria Valentin.

Imunisasi merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin untuk merangsang sistem kekebalan tubuh.

Pelaksanaan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) selain di SDN 01 Pabuwaran, juga dilaksanakan di SDN 02 Pabuwaran. Kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar. Turut menghadiri kegiatan, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pabuwaran, Aiptu Deny Yulianto, SH, serta Babinsa, Sertu Muhtarom. (Maskar).

Related Posts

Komentar