Sambut Bulan Suci Ramadhan, Perangkat Bersama Masyarakat Kelurahan Pabuwaran Laksanakan Kerja Bakti Makam

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Perangkat Bersama Masyarakat Kelurahan Pabuwaran Laksanakan Kerja Bakti Makam

Pabuwaran - Kerja Bakti Membersihkan Makam dilaksanakan di TPU Kelurahan Pabuwaran Kecamatan Purwokerto Utara pada Minggu (19-3-2023) pukul 06.00 WIB s/d selesai.

Kerja bakti resik kuburan di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Pabuwaran sudah menjadi tradisi turun temurun, dan menjadi agenda rutin tahunan menjelang bulan suci Ramadhan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kelurahan Pabuwaran bersama warga masyarakat. Menjelang bulan puasa tahun 1444 H atau tahun 2023 M ini kegiatan juga dilaksanakan dengan penuh semangat.

Warga masyarakat Kelurahan Pabuwaran yang terdiri dari 6 RW dan 21 RT, dipimpin masing-masing Ketua RT dan Ketua RW dengan penuh semangat dan antusias mengikuti kegiatan kerja bakti bersih kuburan. Hal ini terlihat dari warga masyarakat yang semangat dengan membawa alat-alat kebersihan seperti cangkul, arit, sekop, sapu lidi dan lain-lain.

Sesampainya di makam mereka langsung melaksanakan tugas masing-masing biasanya disesuaikan dengan peralatan kerja bakti yang dibawa. Ada yang membersihkan rumput-rumput liar, ranting-ranting pohon, membersihkan nisan, dan ada yang menyapu sampah-sampah. Warga melakukan dengan semangat dan serius, dan kadang diselingi dengan canda tawa.

Kerja bakti membersihkan makam di TPU Kelurahan Pabuwaran dihadiri oleh Kepala Kelurahan (Lurah) Pabuwaran, Sugiyono, SH, Sekreraris Kelurahan (Seklur) Theisaffa Amal Utama, A.Md., Kayim I Pabuwaran, Bpk Akhmad Nur Sholohin atau sering disapa Yimmet, dan Kayim II, pak Karso atau sering disapa Maskar. Perangkat kelurahan membaur bersama warga masyarakat ikut melaksanakan kerja bakti.

Menurut Lurah Pabuwaran, Sugiyono, SH, yang ditemui di sela-sela mengikuti kerja bakti makam mengatakan kegiatan Kerja bakti Bersih Makam bisa menjadi salah satu ajang atau media silaturahmi antara perangkat kelurahan dengan warga atau pun silaturahmi antar warga masyarakat.

" Kami berharap semoga kegiatan kerja bakti bersih makam yang rutin kita laksanakan tiap tahun menjelang bulan Ramadhan, bisa menjadi momen atau kesempatan kami untuk menjalin sikaturahmi dengan warga kami, dan tentu juga menjadi ajang bertemunya antar warga masyarakat " ungkap Sugiyono.

Alhamdulillah kegiatan kerja bakti berjalan dengan baik dan lancar. Setelah selesai kerja bakti warga melanjutkan dengan acara makan minum bersama. Dari pemantaun terlihat pengurus RT dan warga juga membawa bekal makan minum dan udud untuk dinikmati bersama setelah mereka selesai kerja bakti bersih makam. (Maskar. 19-3-2023).

Related Posts

Komentar