WARGA PABUWARAN ANTUSIAS IKUTI PROGRAM PIS-PK

WARGA PABUWARAN ANTUSIAS IKUTI PROGRAM PIS-PK

Pabuwaran - Kegiatan PIS-PK (Program Indonesia Sehat) dengan Pendekatan Keluarga telah dilaksanakan pada Selasa (1-11-2022) pukul 09:00 s/d pukul 11:00 bertempat di salah satu rumah warga (Kader Kesehatan) RT 06 RW 06 Kelurahan Pabuwaran.

Hadir dalam kegiatan Tim Nakes Puskesmas Purwokerto Utara II, Lurah Pabuwaran (Sugiyono, SH), Ketua RT 06 RW 06 (Riswanto), Kader Kesehatan RT 06 RW 06, Babinsa (Sertu Muh Tarom), Bhabinkamtibmas (Aipda Deny Yulianto, SH), dan Ketua FKK (Forum Kesehatan Kelurahan) Pabuwaran (Karso, S.Si).

Kegiatan dipimpin oleh PJ PIS-PK (Tri Kustiwi, SKM), dan dilaksanakan bersama nakes lainnya di antaranya Rini Suprihatiningsih, A.md.Kep., Retno Dwijayanti, S.Tr...,dan Susi Nuryanti, SKM.

Kegiatan dilaksanakan dengan cara mengunjungi rumah warga (kunjungan langsung) dan Wawancara mengenai kesehatan. 

Warga terlihat antusias dan semangat mengikuti kegiatan PIS-PK. Mereka datang dengan membawa foto kopi KK (Kartu Keluarga), dan dilakukan pendataan tentang kondisi kesehatan anggota keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya (rumah). Selain melakukan pendataan nakes juga melakukan edukasi kesehatan dan cek kesehatan seperti cek tekanan darah (tensi) terutama untuk warga yang sudah lanjut usia, atau yang termasuk dalam kelompok rentan.

PJ Program PIS-PK Puskesmas Purwokerto Uatara II, Tri Kustiwi, SKM mengatakan Program PIS-PK merupakan suatu pendekatan pelayanan kesehatan dengan menggali faktor resiko terjadinya suatu penyakit dalam suatu keluarga dan menilai status kesehatan keluarga tersebut dan selanjutnya diwujudkan dalam bentuk Indeks Keluarga Sehat (IKS).

"Selain itu PIS-PK juga merupakan salah satu program yang menggunakan pendekatan keluarga untuk meningkatkan jangkauan sasaran kegiatan Puskesmas. Kegiatan ini melibatkan lintas program dan lintas sektor" jelas Tiwi.

"Saat pendataan, wawancara, diharapkan warga memberikan keterangan yang sebenarnya tentang kondisi kesehatan anggota keluarga sampai saat ini dan juga tentang ketersediaan atau kondisi sarana air bersih, jamban, dan lainnya" harap Tiwi.

Kelurahan Pabuwaran merupakan salah satu wilayah kerja Puskesmas Purwokerto Utara II, selain Kelurahan Karangwangkal, Grendeng, Bancar kembar dan Kelurahan Sumampir.

Untuk kegiatan PIS-PK di wilayah RT 06 RW 06 Kelurahan Pabuwaran ini berhasil mendata 20 KK dan kegiatan berjalan dengan baik dan lancar.

Banyak manfaat dari kegiatan PIS-PK ini diantaranya adalah bagi Puskesmas akan tersedia informasi data yang berkualitas sehingga didapat gambaran terhadap situasi dan kondisi kesehatan khususnya di wiyalah kerja Puskesmas Purwokerto Utra II. Dan bagi masyarakat sendiri tentunya dapat meningkatkan layanan kesehatan yang sangat mereka butuhkan. (Maskar. 1-11-2022).

Related Posts

Komentar