KEGIATAN POSYANDU CEMPAKA KELURAHAN PABUWARAN DI GELAR DI UNIVERSAL HALL

KEGIATAN POSYANDU CEMPAKA KELURAHAN PABUWARAN DI GELAR DI UNIVERSAL HALL

Pabuwaran - Kegiatan Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Balita, Posyandu Cempaka RW 04 Kelurahan Pabuwaran Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas dilaksanakan di Gedung Universal Hall Pabuwaran pada Minggu (16/10/2022) dari pukul 09.00 - 11.00 WIB.

Kader Posyandu Cempaka melaksanakan kegiatan Posyandu Balita rutin tiap bulan. Kali ini kegiatan dilaksanakan di Gedung Universal Hall Pabuwaran, gedung pertemuan baru milik Bapak Buntoro (owner Rita Swalayan).

Para kader Posyandu Cempaka didampingi Bidan Kelurahan, Erlyn Septy Priharningtyas, melakukan kegiatan Posyandu seperti biasa yakni penimbangan berat badan (BB), pengukuran tinggi badan (TB), lingkar kepala (LK), lingkar lengan (Lila) pada balita yang hadir di Posyandu. Para balita datang didampingi orang tua masing-masing.

Menurut salah satu kader Posyandu Cempa Pabuwaran, Bu Uut, balita yang datang sebanyak 21 balita, terdiri dari 19 balita RW 04 dan 2 anak balita umum (dari luar RW 04).

Selesai kegiatan Posyandu balita mendapatkan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dan oleh-oleh dari kader dan juga dari keluarga dari Bpk Buntoro. Selain itu yang hadir dalam kegiatan, selesai Posyandu, dijamu sarapan pagi bubur ayam spesial oleh keluarga Bpk Buntoro yang juga merupakan warga RT 01 RW 04 Kelurahan Pabuwaran.

Turut menghadiri kegiatan Posyandu, Lurah Pabuwaran ( Sugiyono, SH), Perangkat Kelurahan Pabuwaran lainnya, Bpk Buntoro dan keluarga, Presiden Rotary Club Puwokerto (Ali Suparli) beserta pengurus Rotary lainnya, Kapolsek Purwokerto Utara (Kompol Sudigdo Mamboru, SH), Bhabinkamtibmas (Aiptu Deny Yulianto, SH), Babinsa (Sertu Muh Tarom) dan Ketua RT 01 RW 04 (Anggoro).

Dalam kesempatan ramah tamah selesai kegiatan Posyandu, Presiden Rotary Club Purwokerto, Ali Suparli, mengatakan di Rotary Club Purwokerto anggotanya terdiri dari beragam profesi dan latar belakang. Mereka siap sharing program kegiatan dengan berbagai pihak dalam mendukung kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat.

" Kami tidak selalu memberi bantuan dalam bentuk finansial namun juga dalam bentuk program-program kegiatan yang dibutuhkan oleh masyarakat " jelas Ali Suparli.

Dalam kesempatan itu Lurah Pabuwaran, Sugiyono, SH, mengungkapkan rasa terima kasih atas peran serta Rotary Club Purwokerto dalam mendukung kegiatan sosial kemasyarakatan khususnya di wilayah Kelurahan Pabuwaran.

" Kami berharap agar Bpk Buntoro beserta Rotary Club juga bisa turut serta dalam program pencegahan dan penanganan anak-anak Pabuwaran yang terindikasi stunting " harap Sugiyono.

Selesai acara ramah tamah dilanjutkan dengan jalan kaki melihat-lihat kolam ikan lele yang ada di belakang kediaman Bpk Buntoro. Kolam ikan lele nantinya setelah lancar berproduksi sebagian hasilnya bisa untuk membantu, atau untuk mendukung kegiatan sosial terutama kegiatan Posyandu.

Selesai melihat kolam ikan lele, rombongan melanjutkan kunjungan lapangan ke kediaman keluarga balita terindikasi stunting di RW 02 dan RW 04. 

Kunjungan ke keluarga balita terindikasi stunting diawali dengan kunjungan ke balita Filkia Nuraini Agustin (14 bulan), anak dari Bpk Dikin/Ibu Sumirah warga RT 01 RW 04 Pabuwaran. Dalam kunjungan tersebut dilakukan dialog dengan keluarga Bpk Dikin. Dalam kesempatan itu Rotary Club Purwokerto akan berusaha memberikan program bantuan kesehatan untuk balita Filkia.

Setelah kunjungan balita di RW 04, rombongan melanjutkan kunjungan dengan berjalan kaki menuju keluarga balita adek Raka Aditia, anak dari Bpk Dedi Supriyadi/Ibu Darsiti warga RT 02 RW 02 Kelurahan Pabuwaran. Balita Raka Aditia selain terindikasi stunting juga mengalami ganguan, penyakit Hydrocepalus (kepala membesar berisi cairan).

Dalam kesempatan kunjungan ke balita Raka Aditia, Bpk Buntoro dan pihak Rotary Club Purwokerto memberikan bansos untuk keluarga adek Raka Aditia. Selain itu pihak Rotary Club Purwokerto juga akan mengusahakan memberikan bantuan kesehatan untuk adek Raka Aditia.

Penanganan masalah balita dan anak-anak stunting bukan hanya tugas dan kewajiban Pemerintah. Peran serta elemen masyarakat juga sangat penting dalam mendukung keberhasilan program kegiatan ini. (Maskar. 16-10-2022).

Related Posts

Komentar