Penilaian Lomba LBS Tingkat Kabupaten Banyumas di Kelurahan Pabuwaran.

Penilaian Lomba LBS Tingkat Kabupaten Banyumas di Kelurahan Pabuwaran.

Pabuwaran - Kelurahan Pabuwaran maju mewakili Kecamatan Purwokerto Utara dalam Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat Kabupaten Banyumas. Penilaian dilakukan hari Senin, 8 Agustus 2022.

 

Kedatangan tim penilai (juri) kabupaten yang terdiri dari Ari Purwoko Wiji Utomo, S.KM, M.PH (Bagian Kesra Kabupaten), ibu Giri (TP-PKK/Pokja 4), ibu Rita (Dinsospermades) dan Hafiz (Dinas Lingkungan Hidup) disambut hangat oleh Lurah Pabuwaran, Sugiyono, SH, Sekcam Purwokerto Utara, Dr. Ani Widosari, Kasie Pelayanan Kecamatan Purwokerto Utara, Salimah, dan ketua TP-PKK Kelurahan Pabuwaran, Wiji Astuti, serta  para pengurus PKK Kelurahan Pabuwaran. Acara berlangsung di aula Kelurahan Pabuwaran.

 

Lurah Pabuwaran, Sugiyono, SH dalam sambutan pembukaan kegiatan penilaian lomba LBS menyatakan bahwa lomba ini merupakan salah satu stimulus agar kita semua, warga masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan serta berperilaku hidup sehat.

 

"Kita semua, juga warga agar terbiasa menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat" jelas Lurah Pabuwaran, Sugiyono.

 

Dalam sambutannya, sebelum melakukan kunjungan (visitasi) ke lapangan, ketua Tim Penilai (juri), Ari Purwoko WU, S.KM, M.PH., menyatakan bahwa lomba ini diikuti seluruh kecamatan di kabupaten Banyumas.

 

"Rencana, hadiah pemenang lomba akan diberikan bertepatan dengan peringatan hari Kemerdekaan RI ke - 77 tingkat kabupaten Banyumas" tutur Ari Purwoko.

 

Dalam kesempatan itu Ketua TP- PKK Kelurahan Pabuwaran, Wiji Astuti memaparkan  tentang  profil kelurahan Pabuwaran dan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh pengurus dan kader PKK Kelurahan Pabuwaran bersama-sama dengan warga masyarakat.

 

" Selain melakukan kegiata pertemuan (rakor) PKK, kita juga melaksanakan kegiatan yang sifatnya teknis seperti kegiatan PSN, pembinaan bank sampah, pelatihan ketrampilan dan lain-lain" jelas Wiji Astuti.

 

Dalam kegiatan penilaian lomba LBS, selain menilai kelengkapan administrasi, juri juga mengunjungi beberapa tempat yang menjadi lokus kegiatan. Lokus kegiatan penilaian ada di wilayah RW 1, RW 2, RW 5 dan RW 6.

 

Di wilayah RW 05 tim juri mengunjungi kebun melon kelompok Tani Raden. Di wilayah RW 05 tim juri juga mengunjungi kebun Tanaman Obat Keluarga (Toga) di rumah warga RT 01 RW 05 (Edi Winarno). Masih di RW 05, tim juri juga bertemu dengan pengurus PKK RT 01 RW 05. Ketua PKK RT 01 RW 05, Nur Rokhyani saat di tanya tentang kegiatan PSN di wilayahnya mengatakan bahwa kegiatan PSN sudah rutin dilaksanakan sebulan sekali.

 

"Kita sudah biasa melakukan PSN, dan kita sudah membentuk Jumantik di masing-masing rumah warga" jelas Nur Rohkaeni.

 

Masih di wilayah RT 01 RW 05, tim juri juga mengunjungi rumah kos "Kang Kus" milik Kusbiyono (60) warga RT 01 RW 05. Di rumah kos juri melihat-lihat kondisi kamar mandi, WC, serta kebersihan lingkungan rumah kos.

 

Setelah selesai melakukan penilaian di RW 05, tim juri melanjutkan kunjungan ke RT 02 RW 06 untuk melihat kegiatan warga RT 02 RW 06 dalam mengelola sampah warga dalam bentuk kegiatan bank sampah. Dalam perjalanan ke RT 02 RW 06 tim juri meminta lewat jalur pintas yang melewati beberapa rumah warga. Tim juri sempat menanyakan kepada warga tentang pemanfaatan kolam/taman untuk aktifitas bab atau tidak  saat melintasi kolam/taman milik warga.

 

Tim juri sampai di RT 02 RW 06, disambut hangat oleh pengurus dan anggota bank sampah di wilayah itu. Pengurus bank sampah yang sekaligus bu RT 02 RW 06, Endah Roso,  ketika ditanya tentang aktifitas bank sampah menyatakan bahwa bank sampah telah dibentuk sejak 2012 dan sampai sekarang sudah banyak memberi manfaat.

 

"Manfaat yang kami rasakan ya kita sering plesir dari uang  mengelola sampah ini. Malah baru kemarin kita plesir lagi ke pantai di Jogja" tutur Endah dengan wajah ceria.

 

Di RT 02 RW 06 ini tim juri selain menanyakan tentang aktifitas bank sampah, juga berharap agar kegiatan ini terus berjalan dan hasilnya jangan sekedar untuk plesir tapi juga untuk kegiatan lain yang juga bermanfaat bagi warga semuanya.

 

Setelah dari RT 02 RW 06, tim penilai melanjutkan mengunjungi kawasan, jembangan Pelangi di wilayah RT 01 RW 01. Di kawasan ini bangunan  irigasi dan lingkungan dicat oleh warga dengan aneka warna, menambah keindahan lingkungan.

 

Setelah mengunjungi jembangan Pelangi, tim juri mengunjungi bank sampah yang ada di wilayah RT 03 RW 01.

 

Saat mengunjungi bank sampah di RT 03 RW 01 tim juri diterima dengan hangat oleh para pengurus bank sampah. Di tempat ini tim juri juga menanyakan hal yang sama dengan bank sampah di RT 02 RW 06, tentang bagaimana cara mengelola sampah dan pemanfaatan hasilnya.

 

Setelah mengunjungi bank sampah di RT 03 RW 01 tim selanjutnya menuju wilayah RT 03 RW 02, tepatnya di rumah Retno Diyati (50) untuk melihat kerajinan tangan dari bahan limbah kain perca untuk diubah menjadi barang-barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomi.

 

Di rumah Retno Diyati (50) warga RT 03 RW 02 tim juri menyaksikan seorang warga yang sudah sangat sepuh, Nur (80) masih mampu membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan limbah kain perca untuk diubah menjadi barang-barang bermanfaat seperti keset, sarung tangan untuk masak, dompet, tas dan lain-lain. Selain bermanfaat barang-barang hasil kerajinan tersebut juga bernilai ekonomis. Barang hasil kerajinan bisa dijual antara harga 10 rb hingga 25 rb tergantung jenis barangnya.

 

Kunjungan di RT 03 RW 02 merupakan kunjungan lapangan yang terakhir. Selanjutnya tim juri kembali menuju aula Kelurahan Pabuwaran untuk menyampaikan hasil dan evaluasi pemantauan di lapangan.

 

Ditemui di sela-sela kunjungan penilaian, ketua Tim Juri, Ari Purwoko menyatakan bahwa lingkungan Pabuwaran terlihat rapih bersih, dan warganya ramah-ramah.

 

" Lingkungan Pabuwaran bersih dan rapih ya, warga masyarakatnya juga saya lihat ramah-ramah" tutur Ari Purwoko.

 

Lurah Pabuwaran, Sugiyono, SH dalam kesempatan ini setelah menyaksikan tim juri menyelesaikan tugasnya, menyatakan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinnginya kepada para kader dan warga masyarakat yang telah berperan serta dalam menyukseskan kegiatan penilaian lomba LBS.

 

"Saya selaku Lurah Pabuwaran merasa bangga dan mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh kader, kader PKK dan juga warga saya yang sangat antusias menyambut dan membantu suksesnya kegiatan lomba LBS ini" ucap Sugiyono.

 

Lomba ini merupakan salah satu stimulus agar warga masyarkat khususnya warga Kelurahan Pabuwaran senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, dan bisa terus berperilaku hidup bersih dan sehat

 

Kelurahan Pabuwaran, pengurus dan anggota PKK Kel Pabuwaran, dan juga warga masyarakat sangat berharap agar Kelurahan Pabuwaran bisa memperoleh hasil yang terbaik, bisa memenangkan lomba LBS tingkat kabupaten ini.(Karso)

Related Posts

Komentar