RATUSAN WARGA PABUWARAN HARI INI TERIMA BANSOS BLT - BBM

RATUSAN WARGA PABUWARAN HARI INI TERIMA BANSOS BLT - BBM

Pabuwaran - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) - Bahan Bakar Minyak (BBM) Tahap 1 (September - Oktober 2022) di Kelurahan Pabuwaran dilaksanakan Hari Rabu (14-09-2022) di Aula Kelurahan mulai pukul 09.00 WIB s.d pukul 11.45 WIB. Pembagian BLT digabung dengan layananan vaksinasi Covid-19 dan Booster serta dibuka loket pembayaran PBB-PP (SPPT).

Lurah Pabuwaran, Sugiyono, SH, mengatakan ada 471 KPM (Keluarga Penenerima Manfaat), warga Pabuwaran yang hari ini menerima BLT-BBM . Meski demikian, Sugiyono mengakui hingga saat ini masih ada beberapa warganya yang komplain lantaran tidak menerima BLT.

" Untuk mengatasi komplain tersebut kami memberikan pengertian kepada warga bahwa data BLT bukan dari kelurahan yang menentukan, tetapi dari Kementerian Sosial (Kemensos) dan bagi yang sama sekali belum pernah mendapat bantuan bisa didata untuk diajukan ke Kemensos " kata Sugiyono, saat di temui di sela-sela acara pembagian BLT.

Teknis penyalurannya, Sugiyono mengatakan, pembagian undangan penerima BLT sudah kami bagikan melalui Ketua RT masing-masing pada hari Senin (12-09-2022) yang lalu. Untuk kelancaran penyaluran hari ini dibuatkan kartu antrian.

Lurah Sugiyono juga berharap agar warga yang telah menerima bantuan bisa memanfaaatkan dengan sebaik-baiknya.

Kasi Pemberdayaan Masyarakat (Kasi Permas) Kelurahan Pabuwaran, Ani Insiroh, S.Sos, yang mengurusi pembagian BLT menambahkan, penyaluran BLT-BBM pihaknya bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia (Kantor Pos) untuk mengarahkan dan membantu administrasi.

" Selain itu penyaluran BLT-BBM juga dibantu oleh perangkat atau petugas dari kelurahan dan Bhabinkamtibmas Pabuwaran, Aipda Deny Yulianto, SH, " jelas Ani Insiroh.

Ani Insiroh menambahkan untuk dapat mengambil BLT warga harus membawa KTP atau KK asli, membawa kartu undangan serta untuk tetap prokes (red : protokol kesehatan) dengan menggunakan masker.

Sementara itu, seorang warga penerima BLT, Ari Kartini (40) warga RT 02 RW 05 Pabuwaran, pedagang telur, mengaku senang menerima bantuan tersebut.

" Saya senang banget dapat dapat bantuan uang dari Pemerintah, uang Rp.500.000,- rencana untuk biaya sekolah anak, " jelas Ari. Ia berharap ke depan masih dapat bantuan lagi.

 

Dari pantauan terlihat warga yang sudah menerima bantuan BLT dan belum membayar pajak PBB langsung menuju loket pembayaran untuk melunasi pajak SPPT (PBB-PP).

Juga terlihat warga yang melakukan vaksin, baik vaksin 1, 2 atau juga vaksin booster. Vaksinasi juga dilakukan setelah warga selesai menerima BLT. Menurut salah satu petugas Puskesmas Purwokerto Utara 02 yang menangani vaksinasi, Endang Sugiarti, A.Md., mengatakan penerima BLT yang melakukan vaksinasi sejumlah 31 orang.

" Sebanyak 31 orang ikut vaksinasi, terdiri dari 29 orang vaksin booster, 2 orang vaksin dosis 2 dan 1 orang vaksin dosis 1, " jelas Endang.

Penyaluran bansos BLT-BBM Kelurahan Pabuwaran hingga akhir acara, 457 orang sudah mengambil BLT, 2 gagal ambil karena sudah meninggal dunia, dan 12 orang belum mengambil hingga batas akhir pengambilan. Untuk yang belum mengambil BLT hari ini disarankan untuk mengambil di Kantor Pos hari Senin (19-9-2022).

Bantuan Langsung Tunai - Bahan Bakar Minyak (BLT-BBM) merupakan bantuan sebagai kompensasi pengalihan subsidi BBM. Penyaluran BLT-BBM tahap pertama (September - Oktober) disalurkan Pemerintah lewat Kementerian Sosial (Kemensos) melalui PT. Pos Indonesia (Kantor Pos).

Penyaluran BLT- BBM tahap pertama warga menerima bantuan uang tunai sebesar Rp.500.000,- terdiri dari Rp 300.000,- bantuan BBM untuk dua bulan (September -Oktober) dan Rp. 200.000,- merupakan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).(Maskar.14-09-2022).

Related Posts

Komentar