Kegiatan Bina Keluarga Balita  (BKB) di Kelurahan Pabuwaran

Kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) di Kelurahan Pabuwaran

Pabuwaran(15/8/2022) - Penyuluh Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Purwokerto Utara mengadakan kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) di aula Kelurahan Pabuwaran, Senin 15 Agustus 2022.

 

Lurah Pabuwaran, Sugiyono, SH dalam sambutan pembukaan kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam rangka pembangunan keluarga.

 

" Penyuluhan tentang pembangunan keluarga bisa dilakukan melalui kegiatan ini (red : BKB) " ungkap Lurah Sugiyono.

 

Koordinator penyuluh Keluarga Berencana (PKB) kecamatan Purwokerto Utara, Drs. Heru Krisnanto, dalam laporan kegiatan menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan ibu balita dan anak balitanya.

 

" Kegiatan kelompok BKB ini penting untuk meningkatkan kesehatan bagi ibu balita dan anak balitanya itu sendiri " jelas Heru Krisnanto.

 

"Kegiatan BKB hari ini diikuti oleh 35 orang terdiri dari pengurus dan kader BKB kelurahan Pabuwaran, dan dilaksanakan dengan tetap menerapkan prokes (red : protokol kesehatan) " tambah Heru Krisnanto.

 

Nara sumber dalam kegiatan BKB di kelurahan Pabuwaran ini terdiri dari Ibu Firda Mustika Pramulan, S.Pd., M.AP., (Widya Iswara Balai Diklat KKB Kabupaten Banyumas), dan Ibu Dra. Diah Pancasilaningrum (Kabid KB-K3 DPPKBP3A Kabupaten Banyumas).

 

Nara sumber Ibu Firda Mustika Pramulan dalam menyampaikan materi menggunakan metode Role Play (permainan peran) diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan rasa kebersamaan para peserta, dalam suasana yang menyenangkan.

 

Salah satu peserta kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB), Asti Dyah Ayuningtyas (37), ibu balita dari RT 02 RW 03 Kelurahan Pabuwaran, menyatakan senang bisa mengikuti kegiatan ini.

 

" Kegiatan BKB ini sangat bermanfaat bagi saya, apalagi saya memiliki 2 anak balita " ujar Asti Dyah Ayuningtyas sambil tersenyum.

" Melalui kegiatan BKB ini bisa menambah ilmu dan wawasan tentang tumbuh kembang anak dan balita " tambahnya.

 

Penyuluhan pembangunan keluarga melalui kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam membangun anak usia dini baik dari sisi fisikal maupun mental, emosional, moral maupun sosialnya. (Maskar/15-8-2022).

Related Posts

Komentar