Sambut Ramadhan, Ratusan Anak-Anak Pabuwaran Gelar Pawai

Sambut Ramadhan, Ratusan Anak-Anak Pabuwaran Gelar Pawai

Pabuwaran - Menyambut dan Menyemarakkan datangnya Bulan Suci Ramadhan Sebentar Lagi, Ratusan Anak-Anak TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur'an) di wilayah Kelurahan Pabuwaran Kecamatan Purwokerto Utara Kab. Banyumas menggelar pawai jalan kaki pada hari Rabu (22-3-2023) pukul 08.00 s/d selesai.

 

Pawai ta'aruf menyambut Ramadhan diikuti kurang lebih 250 (dua ratus lima puluh) peserta anak-anak santriwan-santriwati didampingi orang tua dan koordinator pawai. Mereka tergabung dalam 4 TPQ yaitu TPQ Al-Firdaus (RT 01 RW 06), TPQ Al-Hikmah (RT 03 RW 06), TPQ Nurul Barakah (RW 03) dan TPQ Darussalam (RW 05).

 

Turut hadir dalam kegiatan pawai sekaligus membantu memperlancar dan mengamankan kegiatan yakni Bhabinkamtibmas Pabuwaran, Aipda Deny Yulianto, SH dan Karso (Kayim II Kel. Pabuwaran).

 

Pawai jalan kaki anak-anak TPQ mengambil rute dari TPQ Al-Firdaus ke arah selatan melewati jalan Sunan Ampel dan jalan Galunggung (RW 06). Selanjutnya belok ke kanan melewati jalan Sindoro (RW 06) dan Jl Gn Jaya Wijaya (RW 05) untuk menghampiri TPQ Darussalam yang selanjutnya bergabung di belakang barisan TPQ Al-Firdaus yang sebelumnya sudah bergabung dengan TPQ Al-Hikmah.

 

Rute selanjutnya barisan pawai melewati perempatan RW 05 dan selanjutnya belok ke arah kiri melewati Jl Sumbing (RW 04). Selanjutnya belok ke kanan melewati Jl Sunan Ampel dan Jl Gn Slamet (RW 03, RW 02, RW 01). Selanjutnya di depan makam atau TPU Pabuwaran belok ke kanan masuk Jalan Kaliraden dan berakhir di TPQ Al-Firdaus. Selanjutnya peserta membubarkan diri dengan tertib dan kembali ke rumah masing-masing.

 

Dari pemantauan terlihat anak-anak peserta pawai yang terdiri dari anak-anak SD dan SMP begitu senang, antusias dan semangat. Mereka juga membawa spanduk dan tulisan-tulisan menyambut dan menyemarakkan bulan Suci Ramadhan, tidak ketinggalan bendera Merah Putih juga mereka bawa. Warga masyarakat di sepanjang rute pawai juga terlihat senang, apalagi pawai baru ada lagi sekarang ini setelah vakum beberapa tahun akibat adanya pandemi Covid-19.

 

Koordinator kegiatan pawai, Aminullah (49), warga RT 01 R 06 yang sekaligus pengasuh TPQ Al-Firdaus, ditemui sesaat setelah pawai mengatakan tujuan dari pawai menyambut Ramadhan di antaranya untuk ikut menyemarakkan bulan Suci Ramadhan dan sebagai sarana menjalin silaturahmi.

"Kegiatan pawai anak-anak TPQ merupakan salah satu upaya ikut memeriahkan dan menyemarakkan datangnya bulan puasa, dan juga menjadi momen untuk lebih menjalin silaturahmi antar anak-anak TPQ di Kelurahan Pabuwaran " ungkap Aminullah.

 

Alhamdulillah kegiatan pawai ta'aruf anak-anak TPQ Kelurahan Pabuwaran berjalan dengan baik dan lancar. (Maskar. 22-3-2023).

Related Posts

Komentar